Happy Salma Cinta Budaya Sunda PDF Cetak E-mail
Simpay Wargi Urang
Minggu, 20 April 2008 07:35

Jakarta - Meski telah lama di Jakarta, Happy Salma mengaku bahwa ia tetap orang Sunda. Apalagi, sejak kecil ia telah di didik kedua orang tuanya untuk mencintai daerah kelahiran, Sukabumi, Jawa Barat.

"Setiap manusia punya identitas. Jadi, kita harus bangga dengan identitas yang kita miliki. Waktu kecil, aku juga sudah belajar kesenian Sunda seperti menjadi sinden dan menari jaipong," ujar Happy, di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, sebagai kalangan muda dia merasa prihatin kalau banyak rekan-rekannya yang kini sudah tidak mengenal lagi kesenian dan kebudayan tradisional. "Malah parahnya banyak yang merasa bangga kalau lebih mengenal budaya asing. Sudah begitu, mereka mencpalok dengan mentah-mentah budaya asing itu. Padahal, belum tentu sesuai dengan karakter budaya kita, Indonesia," ungkapnya.

Sebagai wujud kecintaan terhadap kesundaannya, Happy pun seringkali mengikuti berbagai kegiatan kesenian Sunda yang diselenggarakan Simpay Wargi Urang. Ia pun mengaku, merasa terpanggil memainkan serta melestarikan kesenian sunda.

"Di sini aku nggak sendirian. Aku juga ditemani sama artis-artis lain kayak Dede Yusuf, Denny Chandra, Miing, dan Ingrid Kansil. Pokoknya masih banyak deh artis Sunda lainnya, yang aku nggak bisa sebutin satu persatu," ungkapnya.

Pada 27 April, ia barsama teman-temannya itu juga akan melakukan pementasan di TVRI. Acaranya, kata Happy, Lolongseran Selebritis (Teater Sunda) yang berjudul Kalamurka Lantak.

Kendati demikian, untuk masalah jodoh Happy memiliki prinsip lain. Ia mengatakan, kalau kelak dirinya belum tentu akan bersanding dengan pria yang juga bersuku Sunda.

"Cinta Sunda bukan berarti harus fanatik sama Sunda. Biarpun gue terlahir sebagai orang Sunda, bukan berarti selera gue cowok Sunda juga. Apa saja sih, yang penting baik hati dan tidak sombong. Hehehe," selorohnya. [L1] (Inilah.com)

(tim adnagdaradjatun.com)


AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Musisi Jazz Pukau Penonton Dalam JFWJ

JAKARTA ANTARA News - Sejumlah musisi jazz papan atas memukau penonton saat tampil dalam konser amal bertajuk "Jazz For West Java" (JFWJ) guna menggal...

Selasa, 15 September 2009

Foto Jazz for West Java

News image

Jazz for West Jabar telah usai semalam. Meski demikian, bentuk kepedulian terhadap musibah yang terjadi pada saudara se tanah air tak akan pernah suru...

Senin, 14 September 2009

Libatkan Musisi Jazz, Adang Cs Kumpulkan Sumbangan Rp. 262 Jutaan untuk Gem

News image

Jakarta - Banyak jalan menuju Roma. Mungkin kata ini yang menjadi dasar alasan utama digelarnya acara Jazz for West Java Charity Concert for Earthquak...

Senin, 14 September 2009

next
prev