PMI DKI Usulkan Kenaikan Harga Darah PDF Cetak E-mail
PDDI
Kamis, 10 Desember 2009 09:17

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengusulkan kenaikan biaya pengambilan dan pemeriksaan darah di tahun 2010 mendatang.

Alasan ini dilakukan karena sejak 2006, biaya operasional (service cost) pengambilan darah tidak pernah naik.

Biaya pengambilan darah per kantong darah (200 cc) untuk rumah sakit pemerintah atau daerah sebesar Rp 75 ribu per kantong. Sedangkan untuk rumah sakit swasta sebesar Rp 200 ribu per kantong darah.

"Angka kenaikan biaya pengambilan darah belum bisa dipastikan. Diharapkan akhir Desember 2009, sudah bisa dipastikan angkanya," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Dien Emmawati, Kamis 10 Desember 2009, seperti dikutip dari situs milik pemerintah.

Permohonan kenaikan biaya operasional pelayanan pengambilan darah telah disampaikan kepada Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

“Gubernur setuju untuk menaikkan biaya itu. Tapi, untuk besarannya masih debatable atau belum ada keputusannya,” ujarnya lagi.

Setiap kantong yang diterima PMI DKI akan diperiksa untuk dipastikan positif terbebas dari HIV/AIDS, hepatitis dan sifilis. Pemeriksaan itu membutuhkan biaya yang cukup besar. Sebab, untuk memeriksa bebas atau tidaknya dari virus sipilis saja, perlu dilakukan pemeriksaan RPR (Rapid Plasma Reagin).

Namun Dien meminta kenaikan biaya operasional per kantong darah sebanyak 200 cc, tidak disalahartikan sebagai praktik jual beli darah.

Service cost itu dialokasikan untuk pemeriksaan darah pendonor dan staf yang mengolah darah.

Sementara itu, Kepala PMI DKI Jakarta, Rini Sutiyoso menegaskan, kenaikan biaya operasional itu diperhatikan Pemprov DKI Jakarta dalam waktu dekat ini.

Karena service cost untuk rumah sakit umum daerah, rumah sakit umum pemerintah dan rumah sakit swasta sudah tidak naik selama empat tahun.

(bangadang.com /s: viva)


AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Pendonor Darah di Jawa Barat akan Punya KDDE

BANDUNG, (PRLM).- Empat pengurus daerah PDDI (Perhimpunan Donor Darah Indonesia) yaitu Jabar, Jateng, Jatim dan Bali menjadi pilot proyek d...

Senin, 17 Januari 2011

Foto-foto Acara “Donor Darah Yuuuk..”

News image

Menyambut ulang tahun SMUN 6 ke 58 tahun, Yayasan Alumni SMU 6 (Yasma 6), Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) bersama PMI Cab Kota Bekasi Mengada...

Sabtu, 17 Juli 2010

PMI DKI Usulkan Kenaikan Harga Darah

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengusulkan kenaikan biaya pengambilan dan pemeriksaan darah di tahun ...

Kamis, 10 Desember 2009

next
prev