Meningkatkan Peran Serta Masyarakat Sebagai Pendonor PDF Cetak E-mail
PDDI
Rabu, 10 September 2008 02:54
Dengan maksud dan tujuan sosial untuk menolong sesama yang membutuhkan darah, sebuah organisasi sosial dengan nama Perhimpunan Donor Darah Indonesia disingkat PDDI sebagai mitra PMI dan dinas kesehatan lahir di Kota Tarakan.

PDDI Tarakan merupakan PDDI Cabang yang ke-3 di Kaltim setelah sebelumnya terbentuk di Samarinda dan Balikpapan. Organisasi ini berada di bawah Pengurus Daerah PDDI Kaltim. PDDI Tarakan dibentuk tanggal 8-Nov-2007 sesuai berita acara No. : 243/04.09/PC-PMI/Trk/UTDC/XI/2007. Struktur organisasi PDDI Tarakan sesuai dengan SK Pengurus Besar PDDI di Jakarta No. : 027/DDI-XXIX/II/08, tertanggal 15-Feb-2008. Susunan Pengurus PDDI Kota Tarakan, Ketua : Muhammad, S.Kom; Wakil Ketua I : Agus Sutanto, S.Sos., MAP; Wakil Ketua II : Syafruddin, SH., M.Hum; Wakil Ketua III : Dr. Cahyo Novie; Wakil Ketua IV : Adi Zulkifli; Sekretaris : Abdul Manaf Chairul; Wakil Sekretaris : Achmad Sobirin Herman; Bendahara : George Mathias Radang; Wakil Bendahara : H. M. Yunus Dj; Anggota : Lasimin; Sumadi S; Ambar Triyoga; Sutarno, Amd.Kep; Suhartoyo; Sulfie Budiman; Edi Sulianto; Ahmad Faisal.

PDDI Tarakan telah terdaftar pada Dinas Kesbang PM Kota Tarakan dengan No. : 230/017/Kesbang-PM, tanggal 23 April 2008 dan telah dilantik oleh PDDI Daerah Kaltim pada puncak perayaan Hari Donor Darah Internasional di Kota Tarakan, tanggal 24 Juli 2008.

Ketua PDDI Tarakan, Muhammad, S.Kom melaporkan bahwa pemerintah telah mencanangkan Gerakan Nasional Donor Darah Sukarela. Gerakan ini dicanangkan bertepatan dengan puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tanggal 19 Desember 2007 di Kota Medan dan dicanangkan langsung oleh Presiden RI Bapak DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono yang dihadiri oleh ketua Umum PDDI Pusat Bapak Drs. H. Adang Daradjatun.

Menurut Muhammad, S.Kom bahwa organisasi ini diharapkan menjadi mesin penggerak untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam donor darah, karena masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk donor darah secara sukarela. Padahal dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat, jumlah permintaan darah juga akan meningkat. Tarakan adalah kota transit, secara otomatis jalur keluar masuknya warga di Wilayah Utara Kalimantan Timur melalui Tarakan juga cukup padat.

Dosen PPKIA yang sedang menyelesaikan studi S2 di Surabaya tersebut juga mengatakan bahwa masih kurangnya pemahaman masyarakat akan pentingnya donor darah menjadi salah satu faktor sulitnya memenuhi kebutuhan stok darah. Untuk mengatasi hal itulah maka organisasi PDDI hadir ditengah-tengah masyarakat Kota Tarakan. Semoga dengan hadirnya organisasi ini akan membawa masyarakat Tarakan semakin sehat, sebagaimana telah dicanangkan Gerakan Indonesia Sehat 2010.

Muhammad, S.Kom yang sehari-harinya adalah Wakil Direktur PPKIA Tarakan juga mengatakan bahwa pengurus organisasi ini terdiri dari para akademisi, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, PNS, karyawan swasta dan wiraswastawan.

Dosen yang telah mengabdi di PPKIA 6 tahun tersebut juga mengatakan bahwa walaupun baru terbentuk PDDI Tarakan telah melaksanakan beberapa kegiatan dan juga sosialisasi ditengah-tengah masyarakat. PDDI Tarakan merupakan yang pertama kali dilantik dibandingkan PDDI Samarinda dan Balikpapan yang lebih dulu terbentuk, ini berarti bahwa organisasi ini berjalan dengan baik. Silahkan akses blog PDDI di http://www.pddi-trk.blogspot.com dan silahkan kirim eMail ke : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya , bagi masyarakat yang memerlukan informasi seputar Donor Darah.

“PAH (Panitia Ad Hock) III DPD RI mendesak kepada seluruh Kepala Daerah agar mendukung kegiatan PDDI dan menindaklanjuti Gerakan Nasional Donor Darah Sukarela”, Demikian Muhammad mengakhiri. Tulisan ini disadur dari SKH Radar Tarakan, edisi Minggu, 7 September 2008, Hal. 8.

(tim adangdaradjatun.com)

AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Pendonor Darah di Jawa Barat akan Punya KDDE

BANDUNG, (PRLM).- Empat pengurus daerah PDDI (Perhimpunan Donor Darah Indonesia) yaitu Jabar, Jateng, Jatim dan Bali menjadi pilot proyek d...

Senin, 17 Januari 2011

Foto-foto Acara “Donor Darah Yuuuk..”

News image

Menyambut ulang tahun SMUN 6 ke 58 tahun, Yayasan Alumni SMU 6 (Yasma 6), Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) bersama PMI Cab Kota Bekasi Mengada...

Sabtu, 17 Juli 2010

PMI DKI Usulkan Kenaikan Harga Darah

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengusulkan kenaikan biaya pengambilan dan pemeriksaan darah di tahun ...

Kamis, 10 Desember 2009

next
prev