Pelajar Jakarta Lakukan Donor Darah PDF Cetak E-mail
PDDI
Rabu, 02 September 2009 03:44

Jakarta - Untuk memenuhi kebutuhan darah selama Ramadhan, siswa dari 12 sekolah di Jakarta rela menyumbangkan darah kendati sedang berpuasa. Dalam kegiatan yang berlangsung selama 24-28 Agustus lalu, berhasil dikumpulkan 364 kantong darah. Sebelumnya, PMI DKI Jakarta meminta jajaran pendidikan berperan dalam donor darah karena selama Ramadhan persediaan darah menipis.

Sebenarnya, dalam kegiatan ini darah yang terkumpul bisa lebih banyak jika saja para pelajar memenuhi persyaratan pendonoran. Karena dari 1.270 pelajar yang ikut sebagian besar tidak memenuhi persyaratan. Diantaranya berusia di bawah 17 tahun, berat badan kurang dari 45 kilogram, serta sel hemoglobyn (HB) berada di bawah ukuran normal.

Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI, Ratiyono, mengatakan, dari 1.270 pelajar yang mengikuti program donor darah ternyata hanya 364 pelajar yang darahnya memenuhi syarat. "Karena tidak memenuhi syarat-syarat itulah, maka darah milik ke-851 pelajar SMA/SMK itu dinyatakan batal. Sehingga praktis dari kegiatan donor darah di bulan puasa ini hanya terkumpul 364 kantong darah," katanya, Senin (31/8). Menurutnya, Disdik DKI menggelar kegiatan ini karena telah ada fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) yang menyatakan bahwa donor darah di bulan puasa tidak haram atau tidak membatalkan puasa. 

Kasie SMA Sudin Pendidikan Menengah Jakarta Pusat, Suradi Hadisuwarno, mengatakan, dari 12 sekolah yang menggelar donor darah itu masing-masingnya adalah SMAN 35, 1, 25, 27, 68 dan SMAN 5. Kemudian SMKN 16, 39, 19, 27, 3 dan SMKN 14. “Dari sekian banyak pendonor ternyata tidak semuanya memenuhi syarat. Tapi kami bersyukur karena donor darah perdana di bulan puasa ini disambut baik pelajar dan guru, walau mereka tengah berpuasa,” ungkapnya. 

Selama Ramadhan, PMI DKI Jakarta memang harus bekerja keras untuk memenuhi persediaan darah yang berkurang sekitar 70 persen. Penurunan tersebut sudah menjadi tren setiap tahun. Jika didasarkan pada perolehan setiap hari yang mencapai 1.300 kantong darah atau sekitar 900 pendonor, maka selama bulan puasa diperkirakan hanya sekitar 300-400 pendonor per hari. 

Namun, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, masalah tersebut akan teratasi dengan baik dengan melakukan kerja sama. Karena itu, mulai saat ini PMI DKI Jakarta telah menjalin kerja sama dengan sejumlah instansi untuk menggelar aksi donor darah selama bulan Ramadhan. 

Wakil Ketua IV Bidang Komunikasi dan SDM PMI DKI Jakarta, Muhammad Rawi, mengatakan berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya, langkah ini bisa menambah 20 persen stok darah. Jadi penurunan itu bisa ditekan pada kisaran 50 persen. Jadi PMI DKI Jakarta harus memenuhi lagi sekitar 50 persen dari stok darah setiap hari. "Sisanya, akan kita penuhi dengan melakukan berbagai event," ungkapnya. 

Cara lain diungkapkan, Kepala Unit Transfusi Darah PMI DKI Jakarta, Ismet Sanusi, dengan meminta pasien mencari donor pengganti. Maksudnya kerabat pasien itu diharapkan bisa mendonorkan darah. Sehingga kebutuhan darah si pasien bisa dipenuhi. "Kalau cara ini dilakukan, stok darah selama bulan puasa di PMI DKI Jakarta aman dan masyarakat tidak perlu khawatir," papar Ismet.

(tim adangdaradjatun.com / s:b.jakarta)


AddThis
Comments
Add New Search
Kami Bangga
Rudy Sy 2009-09-27 21:04:51

Terima kasih dan kami bangga terhadap pelajar jakarta yang aktif donor darah walaupun bulan puasa.
kami pelajar SMA Negeri 1 Cibeber- Cianjur belum lah snggup untuk donor darah di bulan puasa, walaupun kami telah melakukan donor darah secara rutin (tahun ini 6 kali, target kami 9 kali).
Bangga pada pelajar
Rudy Sy 2009-09-27 21:00:53

Terima kasih dan bangga saya melihat pelajar-pelajar Jakarta yang telah mendonorkan darahnya di bulan puasa.
Kami di SMA Negeri 1 Cibeber - Cianjur, walaupun telah secara rutin donor darah (tahun ini telah 6 kali, target 9 kali). Tetapi belum sanggup untuk melakukan donor darah di bulan puasa.
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Pendonor Darah di Jawa Barat akan Punya KDDE

BANDUNG, (PRLM).- Empat pengurus daerah PDDI (Perhimpunan Donor Darah Indonesia) yaitu Jabar, Jateng, Jatim dan Bali menjadi pilot proyek d...

Senin, 17 Januari 2011

Foto-foto Acara “Donor Darah Yuuuk..”

News image

Menyambut ulang tahun SMUN 6 ke 58 tahun, Yayasan Alumni SMU 6 (Yasma 6), Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) bersama PMI Cab Kota Bekasi Mengada...

Sabtu, 17 Juli 2010

PMI DKI Usulkan Kenaikan Harga Darah

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta mengusulkan kenaikan biaya pengambilan dan pemeriksaan darah di tahun ...

Kamis, 10 Desember 2009

next
prev