Triyatno, Lifter Kaltim Juara Asia PDF Cetak E-mail
PABBSI
Minggu, 17 Mei 2009 09:53
SAMARINDA,  - Lifter Kalimantan Timur peraih perunggu Olimpiade Beijing 2008, Triyatno sukses menjuarai Kejuaraan Asia Angkat Besi di Kazakhstan, 9-16 Mei. Bukan hanya menjadi juara, Triyatno juga mencetak sejarah Indonesia di dunia angkat besi dengan menyabet tiga emas di nomor snatch, clen & jerk dan di angkatan total.

Pelatih angkat besi asal Kaltim yang ikut mendampingi Triyatno selama di Kazakhstan, Lukman, Sabtu (16/5) kemarin menjelaskan, Triyatno adalah satu-satunya lifter Indonesia yang meraih emas di kejuaraan ini. "Indonesia mengirimkan 10 lifter ke Kazakhstan. Kaltim hanya diwakili Triyatno dan sukses meraih tiga emas. Triyatno menjadi satu-satunya lifter Indonesia yang menjadi juara. Lifter lainnya atas nama Gustar hanya meraih perak," kata Lukman melalui ponselnya. 

Pada angkatan Snatch, Triyatno yang bermain di kelas 69 kilogram sukses meraih angkatan 145 kilogram, clean & jerk 180 kilogram dan angkatan total 326 kilogram. "Total angkatan yang didapat Tri mengalahkan lifter andalan Cina yang hanya mendapat 315 kilogram dan lifter Korea 305 kilogram," terang Lukman. Ia menambahkan, sebenarnya Pengurus Besar (PB) Persatuan Angkat Besi, Berat dan Binaraga (PABBSI) hanya memberikan target kepada Triyatno untuk memperbaiki peringkat dibandingkan Kejuaraan Asia tehun lalu. "Tahun lalu Triyatno hanya meraih peringkat empat. Karena itu PB menargetkan hanya perbaikan peringkat. Selain itu, dia juga diharapkan bisa meraih total angaktan melebihi target 316 seperti yang dibuat tahun lalu. Dan ternyata dia bisa mengangkat sampai 326 tahun ini," terang Lukman.

Menurut Lukman, prestasi fenomenal yang diraih Triyatno ini merupakan kesuksesan pembinaan atlet PAL (Program Atlet Unggulan) di Kaltim. Khusus angkat besi, tiga lifter Kaltim terpilih dalam program PAL bentukan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Adhyaksa Dault. "Selama ini atlet PAL angkat besi Kaltim berlatih di Gedung Hevindo Balikpapan. Dan menurut saya pembinaan atlet PAL sangat terarah untuk menjadikan atlet menjadi juara Sea Games Laos Desember mendatang," kata Lukman.

Ini adalah even yang sama kedua kalinya yang diikuti Tri. Tahun lalu dikejuaraan yang sama yang digelar di Jepang, Tri hanya menempati peringkat keempat. "Saya senang sekali dengan hasil ini. Ini saya persembahkan buat Indonesia dan buat Kaltim," ujar Triyatno. Bulan Oktober mendatang Triyatno dipersiapkan mengikuti Islamic Solidarity Games di Iran.(eza)

(tim adangdaradjatun.com/tribun kaltim)

AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Adang Daradjatun Enggan Beri Target ke Atletnya

News image

JAKARTA--MICOM: Ketua Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABSI) Adang Daradjatun mengaku tidak m...

Jumat, 18 Februari 2011

Adang Daradjatun Resmi Pimpin PB PABBSI Lagi

News image

INILAH.COM, Jakarta - Ketua Umum KONI Pusat Rita Subowo optimistis Adang Daradjatun bisa mengemban tugas dengan baik, setelah diresmikan s...

Jumat, 18 Februari 2011

Adang Daradjatun Kembali Pimpin PB PABBSI

Jakarta, Kompas - Adang Daradjatun kembali terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Seluruh Indo...

Jumat, 21 Januari 2011

next
prev