Budayawan Sunda HR Hidayat Suryalaga Tutup Usia PDF Cetak E-mail
Bammus sunda
Sabtu, 01 Januari 2011 20:40
Budayawan Sunda HR Hidayat Suryalaga Tutup Usia
Bandung (ANTARA News) - Ranah tatar sunda kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya, yakni budayawan sekaligus sastrawan sunda HR Hidayat Suryalaga (69) tutup usia di Rumah Sakit Santo Yusuf Bandung, Sabtu.

"Ayahanda kami telah berpulang ke Rahmatullah dini hari tadi," kata salah seorang anak alamrhum, Ritha Suryalaga.

Menurut Ritha, saat ini jenazah almarhum telah selesaikan dishalatkan di mesjid dekat rumah duka yakni di kawasan Komplek Sukaasih V Atas No2, RT 05/06, Kelurahan Sindangjaya, Kecamatan Mandalajati, Ujungberung Kota Bandung.

Rencana jenazah akan dimakamkan di taman pemakaman umum (TPU) Sukaasih sekitar pukul 12.00 WIB.

Abah Surya (sapaan almarhum HR Hidayat Suryalaga) dikenal sebagi sosok yang sangat peduli dengan dunia sastra dan budaya sunda.

Semasa hidupnya, alamarhum telah menulis 36 naskah drama dan hampir semuanya sudah dipentaskan, diantaranya seperti "Etika sarta Tatakrama" pada tahun 1994, "Wulang Krama" sebanyak lima jilid pada tahun 1994 namun salah satu karyanya yang paling dikenal ialah tafsir Nurhidayah Saritilawah Basa Saunda Al Quran (Winangun Pupuh).

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf, menyatakan rasa belasungkawa dan kehilangan atas kepergian almarhum HR Hidayat Suryalaga untuk selama-selamanya.

"Tatar sunda kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya, dan yang jelas kami dari Pemprov Jawa Barat menyatakan rasa belasungkawa yang sebesar-besar untuk almarhum dan semoga keluarga almarhum diberikan kekuatan," kata Dede Yusuf, yang ditemui usai membuka Braga Festival 2010.

Menurut Dede, rencananya akhir tahun ini Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar akan memberikan penghargan kepada almarhum.

"Memang setiap akhir tahun menyambut tahun baru kami selalu memberikan penghargaan kepada para tokoh masyarakat sunda yang telah berkontribusi dalam budaya sunda, salah satunya almarhum," ujarnya.
(ANT/P003)
AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Budayawan Sunda HR Hidayat Suryalaga Tutup Usia

News image

Antaranews, Sabtu, 25 Desember 2010 13:10 WIBBandung (ANTARA News) - Ranah tatar sunda kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya, yakni budayaw...

Sabtu, 1 Januari 2011

Suarakan Perubahan dan Keberpihakan Lewat Tulisan

News image

Jakarta – Anggota DPR RI Adang Daradjatun mendorong anak muda, untuk terus menyuarakan perubahan dan keberpihakan kepada rakyat. Adang mengatakan it...

Selasa, 3 November 2009

Foto Kegiatan Acara Pelatihan Kepemimpinan Putra Sunda

News image

Cikampek – Gerakan Masyarakat  Jawa Barat (Gema Jabar) menggelar Pelatihan Kepemimpinan Putra Sunda VII, di Wisma Kujang, Cikampek, Jawa Barat, 2-7 No...

Senin, 2 November 2009

next
prev