STSI Bandung Buat Pesona di GKJ PDF Cetak E-mail
Bammus sunda
Jumat, 26 Juni 2009 08:46
Jakarta - Bertempat di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), Sekolas Tinggi Seni Indonesia (STSI), semalam (25/6) kembali hadirkan pentas seni Sunda. Dalam paket acara yang diberi nama Pesona Parahyangan, STSI menampilkan musik tari dan puisi. Pelaksanaan acara ini dalam rangka silaturahmi budaya yang diusung melalui kesenian tradsi konvensional melalui Jakarta Anniversary Festival III yang digelar secara berantai di Gedung Kesenian Jakarta

Acara ini dibuka dengan penampilan rancak gendang yang dimainkan 5 orang dengan eksotik. Berbaju merah, para pemain tampak rileks menikmati permainannya di atas mimbar. Sesekali mereka berimprovisasi dalam gerak meski sambil duduk.

Tak kalah seru, tari topeng kelana yang hadir di menu berikutnya memberikan nuansa kelemahlembutan dan kegarangan silih berganti oleh satu orang penari. Tari ini sendiri menggambarkan tokoh Rahwana yang serakah.

Warna warni dan kegemulaian beradu dalam tari Merak di sesi berikutnya. 3 orang yang berputar-putar disertai dengan polah kibatan sayap megah, mampu memberikan jamuan apik di malam itu. Pun demikian dengan persempahan tari jaipong di lanjutan acara berikutnya.

Selain itu, STSI juga persembahkan Kliningan dengan lagu kulu-kulu kumba dan lakon Srikandi Mustakaweni yang menceritakan tentang perang tanding memperebutkan jamus Kalimada. Di sesi akhir, STSI persembahkan sajian Ketuk Tilu cikeruhan. Ketuk Tilu adalah sebuah tarian dengan yang biasa ditampilkan pada penutupan sebuah acara.

Secara keseluruhan, STSI mampu memberikan decak kagum kepada seluruh penonton yang hadir. Beberapa kali penonton dibuat pesona dalam Gedung yang telah berusia lebih dari seratus tahun ini. Apalagi didukung dengan tata suara dan suasana yang megah menawan di dalamnya.

Sebelum penampilan, acara ini didahului dengan penandatangan MoU (nota kesepahaman) Simpay Wargi Urang yang diwakili Hari Harja Kusuma dengan Slamet Rahardjo. Dalam sambutannya, Hari Hardja mengucapkan terima kasih atas dukungan dan berharap kesenian Sunda dapat terus berkembang di masa mendatang.

(tim adangdaradjatun.com)

AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Budayawan Sunda HR Hidayat Suryalaga Tutup Usia

News image

Antaranews, Sabtu, 25 Desember 2010 13:10 WIBBandung (ANTARA News) - Ranah tatar sunda kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya, yakni budayaw...

Sabtu, 1 Januari 2011

Suarakan Perubahan dan Keberpihakan Lewat Tulisan

News image

Jakarta – Anggota DPR RI Adang Daradjatun mendorong anak muda, untuk terus menyuarakan perubahan dan keberpihakan kepada rakyat. Adang mengatakan it...

Selasa, 3 November 2009

Foto Kegiatan Acara Pelatihan Kepemimpinan Putra Sunda

News image

Cikampek – Gerakan Masyarakat  Jawa Barat (Gema Jabar) menggelar Pelatihan Kepemimpinan Putra Sunda VII, di Wisma Kujang, Cikampek, Jawa Barat, 2-7 No...

Senin, 2 November 2009

next
prev