Bammus Sunda Bangun Dapur Umum PDF Cetak E-mail
Bammus sunda
Minggu, 06 September 2009 15:18

Tasikmalaya - Badan Musyawarah Masyarakat Sunda (Bammus Sunda) mendirikan dapur umum, untuk memberikan bantuan pangan bagi korban gempa Tasikmalaya.

Dapur umum yang didirikan, menurut Koordinator Lapangan (Korlap) Bantuan Gempa di Tasikmalaya, Ahmad Taufik, dikonsentrasikan ke beberapa titik yang belum tersentuh bantuan dari pemerintah atau lembaga lain. Seperti yang didirikan di Desa Purwasari dan Cikadu, kecamatan Cisayong, Tasikmalaya.

“Kami membuatkan dua dapur umum untuk satu pekan terlebih dahulu. Saat ini bantuan yang tersedia di dapur umum, baru bahan-bahan kebutuhan pokok seperti beras, mie instant,” ungkap Taufik, kepada adangdaradjatun.com.

Fokus bantuan mendirikan dapur umum ditambahkan Taufik, karena kebutuhan pangan saat ini lebih utama. Sebab di dua lokasi desa tersebut, pasca gempa kesulitan untuk mendapatkan akses makanan. Terlebih ketika korban, ingin tetap melaksanakan sahur untuk menjalankan ibadah puasa.

Sebab, sejumlah 250  warga di dua desa tersebut saat ini tidak bisa melakukan aktifitas memasak di dalam rumah. Disebabkan, banyak hancurnya rumah-rumah mereka dan masih trauma psikologis mereka dengan gempa ketika berada di dalam rumah.

“Kami melihat hal tersebut yang sekarang harus diprioritaskan,” tukas Taufik.

Kondisi kedua desa yang berdekatan dengan wilayah Rajapolah tersebut dikabarkan Taufik, hampir seluruh rumah di kedua desa tersebut hancur berantakan. Kondisi rumah yang ambruk keseluruhan akibat gempa, lebih banyak daripada rumah yang ambruk setengah atau retak-retak.

“Hanya 2/ 3 dari keseluruhan rumah yang rusak ringan, selebihnya rusak berat. Namun saat ini, warga tidak tinggal di pengungsian. Mereka lebih memilih untuk tinggal di dekat-dekat rumah secara bersamaan,” tambahnya.

Selain itu , Taufik mengatakan, masih banyak wilayah lain yang masih belum mendapatkan bantuan. Ini disebabkan, lokasi wilayah yang terkena gempa cukup berjauhan dan akses transportasi dan jalan yang cukup sulit dilalui.

“Ada juga yang satu kampung hanya satu atau dua rumah yang rusak. Konsentrasi bantuan saat ini juga banyak difokuskan ke daerah Cigalontang, dan Bammus berusaha untuk masuk ke wilayah-wilayah yang belum tersentuh,” pungkas Taufik.

Sementara itu, mitra Bammus Sunda, Yayasan Pembangunan Jawa Barat (YPJB), juga menyalurkan bantuan beras sebanyak 8 ton ke wilayah Cikeleut dan Pamengpeuk, Garut. Seperti diketahui, Bammus Sunda juga menggandeng beberapa organisasi kewargian Sunda, untuk memberikan bantuan di Tasikmalaya, Cianjur dan Garut.

(tim adangdaradjatun.com)


AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Budayawan Sunda HR Hidayat Suryalaga Tutup Usia

News image

Antaranews, Sabtu, 25 Desember 2010 13:10 WIBBandung (ANTARA News) - Ranah tatar sunda kembali kehilangan salah satu putra terbaiknya, yakni budayaw...

Sabtu, 1 Januari 2011

Suarakan Perubahan dan Keberpihakan Lewat Tulisan

News image

Jakarta – Anggota DPR RI Adang Daradjatun mendorong anak muda, untuk terus menyuarakan perubahan dan keberpihakan kepada rakyat. Adang mengatakan it...

Selasa, 3 November 2009

Foto Kegiatan Acara Pelatihan Kepemimpinan Putra Sunda

News image

Cikampek – Gerakan Masyarakat  Jawa Barat (Gema Jabar) menggelar Pelatihan Kepemimpinan Putra Sunda VII, di Wisma Kujang, Cikampek, Jawa Barat, 2-7 No...

Senin, 2 November 2009

next
prev