Komisi VI Rapat Intern Hasil Pansel KPPU Cetak E-mail
Berita Utama
Senin, 05 Februari 2018 22:00

Panitia Seleksi Calon Anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Periode 2017-2022 yang dibentuk oleh Presiden telah mengumumkan pendaftaran calon anggota KPPU. Proses pendaftaran sendiri dimulai pada tanggal 16 Agustus 2017.

Keenam anggota tim Pansel ini dibentuk 8 Agustus lalu berdasarkan Keputusan Presiden No.96/P Tahun 2017, yang beranggotakan :

  1. DR. Hendri Saparini, ditunjuk sebagai Ketua Panitia Seleksi. Pendiri CORE Indonesia yang belakangan duduk sebagai komisaris utama PT Telkom Tbk.
  2. Prof. Rhenald Kasali, Ph.D - MM UI, merupakan Guru besar Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia
  3. Alexander Lay, S.H., LL.M. Advokat lulusan Unika Atmajaya Jakarta ini, sempat menjadi kuasa hukum dua pimpinan KPK, Bibit Samat Rianto dan Chandra M. Hamzah.
  4. Prof. Dr. Ine Minara S. Ruky, S.E., M.E., merupakan Guru besar Ilmu Ekonomi Universitas Indonesia
  5. Dr. Paripurna P. Sugarda, S.H., M.Hum., LL.M. Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM ini, merupakan pengajar di Fakultas Hukum dan juga sempat menjadi Dekan di fakultas tersebut.
  6. Dr. Cecep Sutiawan., M.Si.. Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, juga menduduki posisi sebagai Komisaris Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero).

Komisi VI mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak mengenai janggalnya proses seleksi dan ketidak independenan para anggota pansel KPPU yang dinilai memiliki konflik kepentingan cukup besar dengan KPPU yang bertugas saat ini.

Atas pertimbangan tersebut, Komisi VI telah sempat melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan anggota-anggota pansel dan meminta klarifikasi atas tuduhan-tuduhan yang menjadi dasar ketidak percayaan Komisi VI atas hasil yang diserahkan Pansel ke Presiden. Rapat intern ini membahas apakah hasil Pansel akan dikembalikan lagi ke Presiden atau diteruskan ke tahapan uji kepatutan dan kelayakan untuk memilih 9 dari 18 nama yang diajukan. Saat rapat internal ditutup, Komisi VI belum dapat memperoleh kesepakatan apakah hasil Pansel dikembalikan atau diteruskan ke proses pemilihan Komisioner KPPU. (08/02/2018. TGN)


AddThis
 

Pak Adang Hadir Dalam Acara Launcing PKS Muda Jakarta Utara

News image

Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017, Partai Keadilan Sejahtera meluncurkan PKS Muda. Acara peluncuran digelar di XXI Epi...

Minggu, 2 September 2018

Meriahkan HUT RI, Pak Adang Adakan Lomba Poco-Poco

News image

Tarian Poco-Poco adalah jenis tarian modern asli Indonesia yang kemudian banyak dijadikan sebagai gerakan dasar pada senam irama. Tarian ini mengamb...

Minggu, 26 Agustus 2018

Adang Daradjatun Hadiri Tablig Akbar Kampung Rawa Lele

News image

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia diisi dengan berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan secara kolektif oleh masyarakat. Jika sebelumnya Bpk. DRS...

Kamis, 23 Agustus 2018

next
prev