Bahas RUU Budidaya Pertanian Berkelanjutan, Baleg Pertajam Sanksi Cetak E-mail
Berita Utama
Selasa, 16 Januari 2018 22:00

 

Adangdaradjatun.com (Selasa, 16 Januari 2018)Drs. H. Adang Daradjatun menghadiri Rapat Badan Legislasi tentang Harmonisasi RUU Budidaya Pertanian Berkelanjutan di Ruang Rapat Badan Legislasi DPR RI, Jakarta. Rapat ini membahas RUU yang diajukan oleh Komisi IV tentang Budidaya Pertanian Berkelanjutan.

Komisi IV yang diwakili oleh Michael Wattimena menjelaskan bahwa RUU ini meliputi aspek lingkungan, social dan ekonomi. Tiga aspek ini diperlukan dalam RUU ini untuk menegaskan politik hukum budidaya pertanian yang bersifat jangka panjang dan berkelanjutan.

“Pada prinsipnya budidaya berkelanjutan meliputi pengelolaan pertanian 3 (tiga) elemen, aspek lingkungan, sosial, ekonomi sehingga dapat dinikmati jangka panjang.” terang Michael Wattimena, sebagai perwakilan pengusul dari Komisi IV, di Ruang Rapat Badan Legislasi DPR RI, Jakarta.

Dalam sesi tanggapan, anggota Badan Legislasi mempertajam bagian sanksi dalam RUU ini. Bagian sanksi pada budidaya pertanian saat ini dinilai kurang tajam bahkan tidak ada dalam level undang-undang. Sehingga menyebabkan banyak permainan dalam alih fungsi lahan.

“Ada UU no 41/09. Tapi setelah dilihat, UU ini aneh karena tidak ada sanksi apapun. Sehinga dengan leluasa para bupati dan walikota memberi izin alih fungsi.” kata Firman Soebagyo, Wakil Ketua Badan legislasi DPR RI, di Ruang Rapat Badan Legislasi DPR RI.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Dadang S. Muchtar, anggota Badan Legislasi DPR RI F-Golkar, yang menyampaikan bahwa RUU ini harus memiliki sanksi yang tegas.

“Perlu dipertegas mengenai sanksi jika mau membuat RUU berkelanjutan ini.” kata Dadang S. Muchtar, Anggota Badan Legislasi DPR RI.


AddThis
 

Dengar Pendapat dengan Masyarakat Jakarta

News image

Drs. H. Adang Daradjatun melaksanakan forum dengar pendapat dengan penyuluh agama dan majelis ta'lim. Forum tersebut bertujuan untuk meningkatkan si...

Senin, 12 Februari 2018

Sosialisasi 4 Pilar dan Kebangsaan di Jakarta

News image

Drs. H. Adang Daradjatun melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dan Bernegara di Hotel Mapple, Grogol Petamburan, Minggu, 11 Februari 2018. Drs. H...

Minggu, 11 Februari 2018

Fraksi PKS Setujui Perubahan UU MD3 (MPR, DPR, DPD dan DPRD)

News image

Adangdaradjatun.com (Rabu, 7 Februari 2018) – Drs. H. Adang Daradjatun menyampaikan pandangan mini-FPKS tentang RUU Perubahan Kedua UU No 17 Tahun 2...

Rabu, 7 Februari 2018

next
prev