RDP dengan Deputi Kementerian BUMN dan APTRI Cetak E-mail
Berita Utama
Senin, 28 Agustus 2017 22:00

Pada hari senin, 28 Agustus 2017, Komisi VI DPR RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Deputi Kementerian BUMN Bidang Usaha Industri Agro dan Farmasi, Bapak Wahyu Kuncoro, membahas permasalahan gula kristal putih (GKP) yang dalam pemberitaan sedang disegel oleh Kementerian Perdagangan.

Bersama RDP ini hadir pula perwakilan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) yang pada hari yang sama juga menyampaikan aspirasinya ke Istana Negara dengan melaksanakan demonstrasi.

Deputi BUMN membawa para direksi yang terkait dengan permasalahan ini yaitu Direksi dari BUMN :

  1. PT. Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).
  2. PT. Perkebunan Negara III, selaku holding BUMN Perkebunan.
  3. PT. Perkebunan Negara VII
  4. PT. Perkebunan Negara IX
  5. PT. Perkebunan Negara X
  6. PT. Perkebunan Negara XI
  7. PT. Perkebunan Negara XII

Gula yang disegel Kementerian Perdagangan adalah gula yang menurut uji awal yang dilakukan tim yang turun ke lapangan, adalah gula yang tidak memenuhi standar SNI. Gula yang disegel ini selain milik BUMN, Petani Tebu, juga sebagian milik tengkulak. Dalam RDP ini terungkap ternyata prosentase gula milik petani tebu yang disegel jumlahnya kecil dari total lebih dari 42.000 ton. Fakta lain yang juga terungkap adalah ada sebagian gula yang telah diperbolehkan dijual karena uji lanjutan menunjukan kualitas gula layak dikonsumsi sesuai standar SNI.

Dalam kesimpulan Komisi VI DPR RI mendukung penuh petani agar segera dapat menyelesaikan permasalahan ini dengan mendorong agar Kementerian Perdagangan menyelesaikan uji mutu atas seluruh gula yang disegel.

Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun sebagai salah satu Anggota Komisi VI DPR RI mengingatkan kepada rekan-rekan Anggota Komisi VI agar tidak turut mengatur pelaksanaan penyegelan, karena petugas yang turun ke lapangan dapat melakukan penyegelan dan penyitaan produk dari uji awal yang diduga dapat membahayakan kesehatan konsumen. (TGN.28/08/2017)


AddThis
 

Dengar Pendapat dengan Masyarakat Jakarta

News image

Drs. H. Adang Daradjatun melaksanakan forum dengar pendapat dengan penyuluh agama dan majelis ta'lim. Forum tersebut bertujuan untuk meningkatkan si...

Senin, 12 Februari 2018

Sosialisasi 4 Pilar dan Kebangsaan di Jakarta

News image

Drs. H. Adang Daradjatun melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dan Bernegara di Hotel Mapple, Grogol Petamburan, Minggu, 11 Februari 2018. Drs. H...

Minggu, 11 Februari 2018

Fraksi PKS Setujui Perubahan UU MD3 (MPR, DPR, DPD dan DPRD)

News image

Adangdaradjatun.com (Rabu, 7 Februari 2018) – Drs. H. Adang Daradjatun menyampaikan pandangan mini-FPKS tentang RUU Perubahan Kedua UU No 17 Tahun 2...

Rabu, 7 Februari 2018

next
prev