Raker dengan Menteri Perdagangan RI Cetak E-mail
Berita Utama
Senin, 05 Juni 2017 22:10

Pada hari Senin, 05 Juni 2017, pukul 10.00 WIB, Komisi VI DPR RI mengadakan rapat kerja dengan Menteri Perdagangan, Bapak Drs. Enggartiasto Lukita, dengan agenda utama penyampaian jawaban Menteri Perdagangan atas pertanyaan Anggota Komisi VI DPR RI terkait Langkah Menjaga Ketersediaan dan Stabilitas Harga Barang Kebutuhan Pokok dalam Menghadapi Bulan Puasa dan Hari Raya Idul Fitri 2017.

Menteri Perdagangan juga menyampaikan bahwa pada periode puasa dan lebaran 2017, inflasi di bulan pertama, yaitu bulan mei tercatat sebesar 0.39% merupakan inflasi terendah dalam masa Puasa-Lebaran semenjak tahun 2012, dan diusahakan agar di bulan kedua pada bulan Juni 2017 inflasi tidak akan melambung terlalu jauh. Pada bulan pertama yang paling banyak memberikan kontribusi inflasi adalah bawang putih, daging dan telur ayam.

Kenaikan harga daging ayam dan telur diakibatkan oleh terlalu besarnya kerugian para peternak ayam dan telur jika harga dikunci di harga eceran terendah. Peternak ayam pedaging dan petelur hanya meminta agar dibebaskan sampai dapat mengejar harga pokok yang mereka harus keluarkan.

Inflasi juga dilaporkan disebabkan akibat besarnya kuantitas permintaan komoditas dari konsumen, sehingga umumnya daerah-daerah yang mayoritas berpenduduk non-muslim malah mengalami deflasi (penurunan harga), contoh : Manado. Namun dijelaskan pula beberapa daerah mayoritas muslim ada juga yang mengalami deflasi, diantaranya Padang dan Bukit Tinggi.

Rapat ditutup dengan sikap Komisi VI menerima penjelasan dari Menteri Perdagangan dan menjadwalkan Rapat Kerja selanjutnya untuk membahas mekanisme penjualan gula rafinasi yang rencananya akan dilakukan Kementerian Perdagangan melalui  Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia. Agenda Rapat Kerja dengan Menteri Perdagangan selanjutnya rencananya akan diadakan pada hari Kamis, 15 Juni 2017. (09/06/2017.TGN)


AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Dirgahayu Republik Indonesia ke-72 Tahun

News image

Dirgahayu Republik Indonesia ke-72 Tahun, Dirgahayu Indonesiaku, Menjaga Rumah Indonesia. Indonesia Kerja Bersama, dengan semangat gotong royong untuk...

Kamis, 17 Agustus 2017

Adang Daradjatun Mengadakan Kunjungan ke Masjid Manba’ul Chaerat, Jakarta B

News image

BUMN memiliki dua tanggung jawab besar. Pertama untuk meningkatkan profit dalam rangka meningkatkan kesejahteraan negara. Kedua, yang kaitannya deng...

Senin, 14 Agustus 2017

Acara pembukaan Bimtek Produksi dan Kewirausahaan Kemenperin

News image

Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun membuka acara Bimbingan Teknis Produksi dan Kewirausahaan bagi IKM Kendaraan Bermotor Roda Dua, Konveksi, Olahan Kue K...

Senin, 7 Agustus 2017

next
prev