Baleg Sepakat Revisi UU Aparatur Sipil Negara Cetak E-mail
Berita Utama
Selasa, 22 November 2016 22:00

Adangdaradjatun.com, Jakarta (Selasa, 23 November 2016)Drs. H. Adang Daradjatun selaku anggota Baleg (Badan Legislasi) DPR RI menghadiri Rapat Kerja Harmonisasi RUU Aparatur Sipil Negara. Dalam rapat ini, Baleg sepakat untuk melakukan revisi UU No 5 Tahun 2015 tentang Aparatur Sipil Negara.

“Seluruh fraksi di sini saya kira setuju revisi terbatas UU Aparatur Sipil Negara ini” kata Supratman Andi Satgas, Ketua Badan Legislasi DPR RI, setelah mendengarkan tanggapan dari pengusul RUU Aparatur Sipil Negara.

Pada rapat tersebut, Rieke Diah Pitaloka bertindak sebagai Pengusul RUU, menyampaikan tanggapan tentang RUU Aparatur Sipil Negara. Beberapa substansi baru yang dimasukkan dalam revisi UU Aparatur Sipil Negara antara lain adalah kepastian PPPK, penghapusan Komite ASN, konsultasi kepada DPR dalam rencana perampingan organisasi dan pengangkatan tenaga honorer.

Dari keempat substansi baru tersebut, pengangkatan tenaga honorer mendapat perhatian yang besar dari sebagian anggota baleg. Pengangkatan ini dinilai dapat memberikan jaminan hukum kepada para tenaga honorer yang saat ini statusnya tidak jelas.

“Tenaga honorer lahir karena adanya kekosongan tenaga pada saat itu. Tetapi sayangnya, tenaga honorer tingkat kesejahteraannya memprihatinkan. Negara harus memberikan kepastian kepada para tenaga honorer melaui undang-undang ini.” terang Firman Soebagyo dalam sesi pendalaman.

Firman juga menambahkan, bahwa pengangkatan tenaga honorer harus dilakukan di tingkat pusat untuk menghindari penyalahgunaan wewenang.

“Proses pengangkatan harus dilakukan di tingkat pusat, karena kalau tidak, akan terjadi penyalahgunaan. Untuk pengangkatan nanti harus disesuaikan dengan ijazah” tambah Firman Soebagyo yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI.

Selanjutnya, RUU ini akan dibahas oleh Drs. H. Adang Daradjatun bersama Panitia Kerja untuk dilakukan didalami materi muatannya. Badan Legislasi berharap, RUU ini bisa segera diselesaikan dan disahkan menjadi RUU usul inisiatif DPR RI.


AddThis
 

Bahas RUU Budidaya Pertanian Berkelanjutan, Baleg Pertajam Sanksi

News image

  Adangdaradjatun.com (Selasa, 16 Januari 2018) – Drs. H. Adang Daradjatun menghadiri Rapat Badan Legislasi tentang Harmonisasi RUU Budidaya Pertan...

Selasa, 16 Januari 2018

Drs. H. Adang Daradjatun Ikuti Rapat Internal Komisi VI DPR RI

News image

Bertempat di Ruang Rapat Komisi VI DPR RI, Gedung Nusantara I Lantai Dasar, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta pada Hari Senin, 15 Januari 2018 Puku...

Senin, 15 Januari 2018

Adang Daradjatun Menghadiri Paripurna Pelantikan Ketua DPR

News image

Sesuai informasi yang telah disampaikan kepada media, Kesekretariatan Jenderal DPR membenarkan adanya kabar pelantikan Ketua DPR baru pengganti Se...

Senin, 15 Januari 2018

next
prev