Bang Adang Dorong Masyarakat Manfaatkan KUR dan Kuatkan Koperasi Cetak E-mail
Berita Utama
Minggu, 13 November 2016 22:00

Adangdaradjatun.com, Jakarta (Minggu, 13 November 2016)Anggota Komisi VI F-PKS DPR RI, Drs. H. Adang Daradjatun mendorong masyarakat untuk memanfaatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan menguatkan Koperasi. Hal tersebut penting karena KUR dan Koperasi dapat membantu masyarakat kecil untuk mandiri secara ekonomi.

Drs. H. Adang Daradjatun yang akrab dengan panggilan Bang Adang, melihat peluang ini, lalu mengajak instansi terkait untuk terjun bersama ke masyarakat.

Dalam Kegiatan “Serap Aspirasi dan Pasar Murah” yang diselenggarakan di Cengkareng, Jakarta Barat, Bang Adang menggandeng BRI (Bank Rakyat Indonesia), Seksi Koperasi Suku Dinas KUMKM Perdagangan, Seksi Industri Suku Dinas Perindustrian Energi untuk berdialog dengan masyarakat.

Dalam dialog tersebut, Bang Adang menjadi fasilitator bagi masyarakat agar mendapatkan akses ke KUR dan Koperasi. “Saya hadir di sini untuk memastikan apakah kebijakan-kebijakan pemerintah sampai ke masyarakat.” tegas Bang Adang yang juga tergabung sebagai anggota Badan Legislasi DPR RI

Pihak BRI menjelaskan, dengan bunga yang kecil, KUR dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha mikro. “Bunga KUR hanya 9%, selebihnya disubsidi oleh pemerintah. Jumlah pinjaman yang bisa didapatkan di KUR mikro, hingga sebesar 25 juta. Sedangkan untuk KUR Retail, bisa sampai 500 Juta.” papar Herdin Aryaduta, manager pemasaran BRI Kantor Cabang Daan Mogot.

Kesempatan ini lalu disambut baik oleh masyarakat yang notabene memiliki usaha kecil dan membutuhkan modal.

“Saya memiliki industri rumah tangga dengan produk seragam sekolah. Namun saya memiliki masalah di permodalan. Bisa kah saya dibantu?” tanya Ibu Ari Nurafifah dalam sesi tanya jawab.

“Bisa. Bank bisa memberikan modal untuk tanah dan mesin jahitnya, asalkan usaha tersebut sudah berjalan selama 6 bulan” jawab Herdin Aryaduta.

Lalu dalam sesi selanjutnya, tentang penjelasan koperasi, seorang peserta menanyakan tentang cara mengurus pendirian koperasi.

“Di tempat kami, Cengkareng Barat, ada 20 orang lebih yang ingin mendirikan koperasi. Bisa kah kami bertemu dengan pihak suku dinas pada hari sabtu atau minggu untuk konsultasi tentang pendirian?” tanya Udin salah satu peserta kegiatan Serap Aspirasi dan Pasar Murah

“Hari Sabtu kami bisa untuk mendatangi ke tempat bapak. Tolong disiapkan suratnya. Serta tolong siapkan nama pengurus beserta KTP nya.” Jawab Bapak Agus Sunarto, Kepala Seksi Koperasi Sudin KUMKM Perdagangan Jakarta Barat.

Bang Adang berharap, dialog-dialog seperti ini dapat menjadi bangunan komunikasi yang baik antara masyarakat dengan pemerintah. Sehingga kebijakan-kebijakan pemerintah dapat diketahui dan dirasakan oleh masyarakat.

Berikut ini video kegiatannya.

Berikut foto kegiatannya.


AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Dirgahayu Republik Indonesia ke-72 Tahun

News image

Dirgahayu Republik Indonesia ke-72 Tahun, Dirgahayu Indonesiaku, Menjaga Rumah Indonesia. Indonesia Kerja Bersama, dengan semangat gotong royong untuk...

Kamis, 17 Agustus 2017

Adang Daradjatun Mengadakan Kunjungan ke Masjid Manba’ul Chaerat, Jakarta B

News image

BUMN memiliki dua tanggung jawab besar. Pertama untuk meningkatkan profit dalam rangka meningkatkan kesejahteraan negara. Kedua, yang kaitannya deng...

Senin, 14 Agustus 2017

Acara pembukaan Bimtek Produksi dan Kewirausahaan Kemenperin

News image

Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun membuka acara Bimbingan Teknis Produksi dan Kewirausahaan bagi IKM Kendaraan Bermotor Roda Dua, Konveksi, Olahan Kue K...

Senin, 7 Agustus 2017

next
prev