RDPU Dengan AGI Dan APPI Cetak E-mail
Berita Utama
Kamis, 13 Oktober 2016 13:00

Pada hari kamis, 13 Oktober 2016 jam 10.00WIB, Komisi VI DPR RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat Umum dengan :

  • Asosiasi Produsen Peralatan Listrik Indonesia (APPI), Dipimpin Bpk Karnadi Kuistono

  • Asosiasi Gula Indonesia (AGI), dipimpin Bpk Agus Pakpahan

Agenda RDPU kali ini adalah mendapat masukan dari asosiasi industri perihal akan diratifikasinya 6 perjanjian internasional yang mayoritas menyangkut ASEAN.

Dalam sesi Presentasi, sehubungan ratifikasi APPI menyampaikan bahwa dalam era pasar terbuka bea masuk yang dapat dibebankan maksimal hanya 5%, sehingga sangat berat bagi industri lokal dalam bersaing juka tidak dibantu oleh pemerintah. Dari seluruh pabrik yang masuk dalam asosiasi, baru 70% kapasitas termanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan lokal, sehingga sebetulnya pabrikan lokal masih dapat menambah produksi untuk pemenuhan kebutuhan lokal.

Sedangkan dalam sesi presentasi, AGI menyampaikan harapannya agar industri gula dapat berjaya kembali seperti pernah terjadi pada tahun 1930an pada masa Kolonial Belanda.

Pemerintah harus dapat menggerakkan masyarakat untuk mengembangkan industri berbasis tebu, tidak hanya mengembangkan investasi pabrik gula dengan bahan baku impor.

AGI juga merekomendasikan untuk menjiplak keberhasilan pembuatan dan pelaksanaan Undang-Undang Tebu dan Gula di Thailand.

Pada sesi pendalaman Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun menanyakan mengenai sikap industri mengenai akan diratifikasinya 6 perjanjian internasional. Sikap APPI adalah menolak ratifikasi, namun sayangnya tidak memberikan penjelasan secara spesifik perjanjian internasional mana dan pada bagian apa yang memberatkan sektor industi ini.

Sedangkan AGI tidak memberikan statemen perihal ratifikasi. Bapak Adang juga meminta Undang-undang Thailand yang oleh AGI dianggap dapat menjadi rujukan yang sangat baik dalam membuat peraturan perundangan yang dapat menjadi solusi swasembada gula di Indonesia. Untuk permintaan ini AGI berjanji akan memenuhi dengan mengirimkannya kemudian. (16/10/2016.TGN)

Berikut Foto Kegiatan


AddThis
 

Dengar Pendapat dengan Masyarakat Jakarta

News image

Drs. H. Adang Daradjatun melaksanakan forum dengar pendapat dengan penyuluh agama dan majelis ta'lim. Forum tersebut bertujuan untuk meningkatkan si...

Senin, 12 Februari 2018

Sosialisasi 4 Pilar dan Kebangsaan di Jakarta

News image

Drs. H. Adang Daradjatun melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan dan Bernegara di Hotel Mapple, Grogol Petamburan, Minggu, 11 Februari 2018. Drs. H...

Minggu, 11 Februari 2018

Fraksi PKS Setujui Perubahan UU MD3 (MPR, DPR, DPD dan DPRD)

News image

Adangdaradjatun.com (Rabu, 7 Februari 2018) – Drs. H. Adang Daradjatun menyampaikan pandangan mini-FPKS tentang RUU Perubahan Kedua UU No 17 Tahun 2...

Rabu, 7 Februari 2018

next
prev