RPDU Badan Legislasi tentang Karantina Kesehatan dengan Asperindo, INSA dan INACA Cetak E-mail
Berita Utama
Rabu, 31 Agustus 2016 22:00

Pada Hari Rabu, 31 Agustus 2016, Bapak Drs. H. Adang Daradjatun bersama Badan Legislasi DPR RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat Umum tentang RUU Karantina Kesehatan dengan Asperindo (Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia), INSA (Organisasi Pengusaha Perusahaan Pelayaran Angkutan Niaga) dan INACA (Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia).

Dalam sesi tanya jawab dan pendalaman, terungkap bahwa infrastruktur dan tenaga pendukung untuk melakukan karantina kesehatan belum memadai. Selain itu, instalasi yang disiapkan untuk melakukan Karantina Kesehatan perlu dipisahkan dari ruang publik untuk mengurangi resiko penyebaran wabah.

Kewajiban kapten pesawat untuk melengkapi dokumen kesehatan sebelum penerbangan juga dinilai mengurangi lalu lintas penerbangan. Tidak seharusnya kapten pesawat yang hanya memiliki sedikit waktu untuk menyiapkan penerbangan, dibebani dengan kewajiban menyiapkan dokumen kesehatan para penumpangnya.

Dalam Rapat ini, Bapak Budi Paryanto selaku Wakil Ketua Asperindo sempat menyampaikan juga tentang menurunnya Logistic Performance Index Indonesia pada tahun 2016. Lalu, pada sesi pendalaman, Bapak Drs. H. Adang Daradjatun meminta agar Asperindo secara lebih detail menjelaskan hambatan dan penyebab menurunnya Logistic Performance Index Indonesia. Dalam jawabannya, Asperindo mengatakan penyebab turunnya Logistic Performance Index Indonesia adalah karena infrastruktur yang tidak memadai dan peningkatan biaya pengiriman.

Asperindo, INSA dan INACA sama-sama menginginkan agar ketentuan tentang RUU Karantina Kesehatan dapat disempurnakan terlebih dahulu sebelum diundangkan. Selain itu, pelaksanaan ketentuan tentang Karantina Kesehatan juga harus diikuti dengan penyiapan infrasturuktur agar mampu menjaga Indonesia dari wabah berbahaya dengan optimal. (03/09/2016. BTA)


AddThis
 

Bahas RUU Budidaya Pertanian Berkelanjutan, Baleg Pertajam Sanksi

News image

  Adangdaradjatun.com (Selasa, 16 Januari 2018) – Drs. H. Adang Daradjatun menghadiri Rapat Badan Legislasi tentang Harmonisasi RUU Budidaya Pertan...

Selasa, 16 Januari 2018

Drs. H. Adang Daradjatun Ikuti Rapat Internal Komisi VI DPR RI

News image

Bertempat di Ruang Rapat Komisi VI DPR RI, Gedung Nusantara I Lantai Dasar, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta pada Hari Senin, 15 Januari 2018 Puku...

Senin, 15 Januari 2018

Adang Daradjatun Menghadiri Paripurna Pelantikan Ketua DPR

News image

Sesuai informasi yang telah disampaikan kepada media, Kesekretariatan Jenderal DPR membenarkan adanya kabar pelantikan Ketua DPR baru pengganti Se...

Senin, 15 Januari 2018

next
prev