RDPU Badan Legislasi Dengan Hakim Militer Cetak E-mail
Berita Utama
Selasa, 31 Mei 2016 21:00

Pada hari selasa, tanggal 31 Mei 2016 Baleg DPR RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Hakim Militer Marsma TNI Bambang Aribowo. Bapak Drs. H. Adang Daradjatun, selaku anggota Panja RUU Jabatan Hakim dari Fraksi PKS mengikuti acara ini yang dimulai pada pukul 10.00WIB.

Dalam sesi pendalaman Bpk. Adang mempertanyakan mengenai Hakim Militer yang sampai saat ini belum diatur secara khusus karena keterkaitan antara militer dengan kewenangan Mahkamah Agung sebagai lembaga yang berwenang mengangkat dan merekrut hakim.

Dalam RDPU, Marsma Bambang Aribowo selaku salah seorang hakim militer memberikan beberapa masukan dan penjelasan atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan para Anggota Baleg DPR RI. Hal-hal yang menjadi sorotan dari pembahasan RUU Jabatan Hakim diantaranya.

Merujuk kepada beberapa undang-undang termasuk undang-undang tentang Aparatur Sipil Negara maka hakim dalam semua badan peradilan adalah termasuk pejabat negara. Jadi hakim militer adalah juga pejabat negara

Mengenai permasalahan hakim militer apakah diatur bersama dengan hakim di tiga lingkungan peradilan lain atau tersendiri, Marsma Bambang A. menyarankan agar diatur bersama dalam UU ini agar lebih efektif dan efisien dengan alasan diantara 4 lingkungan peradilan ada kesamaan, hanya dibuat bab khusus untuk perbedaan khusus kemiliteran.

Berkenaan dengan hubungan antara TNI dengan Mahkamah Agung, Marsma Bambang menjelaskan bahwa setelah ditetapkan sebagai hakim militer maka hakim yang bersangkutan sepenuhnya dibawah MA, namun untuk pelatihan Khas kemiliteran tetap dilakukan TNI.

Rapat ditutup dengan pengambilan kesimpulan yang berkenaan dengan Rancangan Undang-undang Jabatan Hakim, oleh Ketua Baleg Bapak Supratman yaitu :

 

  • Ketentuan militer tidak dapat diintegrasikan di peraturan umum.
  • Namun harus dicari kesamaan, agar dapat mengahadirkan keadilan baik bagi militer maupun untuk umum. (03/06/2016.TGN)

 

 

 


AddThis
 

Bahas RUU Budidaya Pertanian Berkelanjutan, Baleg Pertajam Sanksi

News image

  Adangdaradjatun.com (Selasa, 16 Januari 2018) – Drs. H. Adang Daradjatun menghadiri Rapat Badan Legislasi tentang Harmonisasi RUU Budidaya Pertan...

Selasa, 16 Januari 2018

Drs. H. Adang Daradjatun Ikuti Rapat Internal Komisi VI DPR RI

News image

Bertempat di Ruang Rapat Komisi VI DPR RI, Gedung Nusantara I Lantai Dasar, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta pada Hari Senin, 15 Januari 2018 Puku...

Senin, 15 Januari 2018

Adang Daradjatun Menghadiri Paripurna Pelantikan Ketua DPR

News image

Sesuai informasi yang telah disampaikan kepada media, Kesekretariatan Jenderal DPR membenarkan adanya kabar pelantikan Ketua DPR baru pengganti Se...

Senin, 15 Januari 2018

next
prev