Acara Serap Aspirasi Masyarakat Jakarta Barat, Reses Masa Sidang III 2015/2016 Cetak E-mail
Berita Utama
Minggu, 20 Maret 2016 21:00

Pada hari Minggu tanggal 20 Maret 2016, telah dilaksanakan kunjungan reses masa persidangan Ketiga tahun 2015 – 2016 Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Bapak Drs. Adang Daradjatun ke daerah pemilihan Jakarta Barat dalam rangka Menyerap Asprirasi Masyarakat. Acara tersebut diadakan  di Gedung Pertemuan Kartika Destra yang  beralamat di jalan H. Saaba No: 25, Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Acara Menyerap Aspirasi Masyarakat ini dihadiri oleh  Masyarakat umum, Pelaku Usaha Kecil Menengah dan Koperasi, serta  calon wirausaha pemula se Kecamatan Kembangan, Pejabat Pemerintah Daerah dan tokoh masyarakat  lainnya yang hadir seperti : Bapak Zamdiadi Ali ( Mewakili Kasie Sudin Industri dan Energi Jakarta Barat ), Bapak Djarot Syarifudin ( Kasie Sudin Koperasi dan UMKM Jakarta Barat), Ustadz Nasrullah  (Anggota DPRD DKI Jakarta FPKS) ,  Iptu Suparman ( Mewakili Polisi Sektor Kembangan ), dan Ust. Irfan yang mewakili Ketua DPC Partai Keadilan Sejahtera Kecamatan Kembangan .

Acara pertemuan menyerap aspirasi masyarakat ini dimulai dengan pembacaan doa pembuka dan Tilawah, kemudian di lanjutkan dengan paparan dan ucapan selamat datang serta terimakasih yang disampailan oleh  Ust Irfan selaku tuan rumah penyelenggaraan acara ini.  Ustadz Nasrullah ( Anggota DPRD DKI Jakarta FPKS ) dalam paparannya menjelaskan tentang permasalahan/isu isu  yang ada di DPRD DKI Jakarta, seperti : Perda tentang Reklamasi Pantai utara dan Perda tentang Zonasi Pulau kecil di sepanjang Pantai Utara Jakarta, Perda Pelestarian Budaya Betawi yang sudah rampung, dan masalah yang berkaitan dengan rencana pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 .

Sambutan dari Bapak Zamdiadi Ali ( mewakili Kasi Sudin Industri dan Energi ) menjelaskan mengenai tugas dari sudin tersebut untuk membina industry kecil di Jakarta Barat. Sedangkan Bapak Iptu Suparman ( mewakili Polsek Kembangan ) menerangkan tentang Kamtibmas di wilayah Kecamatan Kembangan,  Sedangkan Bapak Djarot Syarifudin ( Kasie Sudin Koperasi UMKM dan Perdagangan Jakarta Barat)  menjelaskan mengenai program pembinaan para pengusaha kecil dan mikro serta program yang ada disuku dinas tersebut, seperti: Program pinjaman  lunak permodalan untuk pelaku UMKM pemula di Jakarta Barat .

Dalam sambutannya Bapak Drs. H. Adang Daradjatun selaku Anggota Komisi VI DPR RI menjelaskan mengenai tugas dan fungsi beliau di Komisi VI , menjelaskan mengenai fungsi dan tugas a nggota DPR RI , seperti tugas  legislasi ( pembuatan Undang Undang ), tugas pengawasan , dan tugas  pembuatan Anggaran , serta menjelaskan mengenai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), persaingan produk dalam negeri dengan produk luar negeri.

Dalam sesi tanya jawab, timbul pertanyaan kritis dari beberapa anggota masyarakat, seperti pertanyaanng  dari Bapak  Mukti  mewakili Masyarakat Kelurahan Joglo  menanyakan masalah merebaknya pendirian “Mini Market” seperti: Indomart dan Alfamart  yang mematikan pengusaha kecil di wilayahnya, Apakah tindakan yang telah dilakukan oleh Pemerintah, DPR RI, DPRD DKI Jakarta untuk mengatasi masalah ini. Pertanyaan lain datang dari Ibu Ghani ( pelaku usaha mikro dari kelurahan Meruya Selatan ) yang menanyakan bagaimana mendapatkan permodalan untuk menambah usaha kecilnya yang sedang berjalan

Pada kesempatan tanya jawab ini Bapak Adang Daradjatun menjawab pertanyaan dari Bapak Mukti  mengenai peran dari Pemeritah, DPR RI dan DPRD untuk menekan  perkembangan dari Mini Market, beliau menjawab dengan menghubungkan tugas  Komisi Pengawas Persaingan Usaha ( KPPU )  yang melarang praktek Monopoli, serta meminta kepada Anggota DPRD DKI untuk menjelaskan Perda yang melarang pendirian Mini Market dalam radius zona tertentu dari pasar masyarakat/pasar tradisional. Untuk pertanyaan dari Ibu Ghani yang menginginkan penambahan modal atas usaha kecilnya, Bapak Adang Daradjatun langsung menjawab akan membantu secara pribadi atas permodalan tersebut dan meminta kepada Ibu Ghani untuk menggunakan modal tersebut dengan baik guna  pengembagan usahanya.

Acara kunjungan silaturahmi dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan Jakarta Barat tersebut di akhiri dengan doa penutup dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah serta photo bersama.

Berikut foto kegiatan lainnya.


AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Dirgahayu Republik Indonesia ke-72 Tahun

News image

Dirgahayu Republik Indonesia ke-72 Tahun, Dirgahayu Indonesiaku, Menjaga Rumah Indonesia. Indonesia Kerja Bersama, dengan semangat gotong royong untuk...

Kamis, 17 Agustus 2017

Adang Daradjatun Mengadakan Kunjungan ke Masjid Manba’ul Chaerat, Jakarta B

News image

BUMN memiliki dua tanggung jawab besar. Pertama untuk meningkatkan profit dalam rangka meningkatkan kesejahteraan negara. Kedua, yang kaitannya deng...

Senin, 14 Agustus 2017

Acara pembukaan Bimtek Produksi dan Kewirausahaan Kemenperin

News image

Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun membuka acara Bimbingan Teknis Produksi dan Kewirausahaan bagi IKM Kendaraan Bermotor Roda Dua, Konveksi, Olahan Kue K...

Senin, 7 Agustus 2017

next
prev