Perwira Yang Simpatik, Disegani Dan Disenangi PDF Cetak E-mail
Testimoni
Senin, 30 Maret 2009 05:02

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa.

Saya mulai mengenal Pa' Adang setelah saya dimutasikan dari jabatan saya yang lama se­bagai Kapolda Sumatera bagian selatan yang berkedudukan di Palembang, kemudian menduduki jabatan baru sebagai Asrena Kapolri pada sekitar bulan Januari tahun 1994 sampai saya pensiun pada bulan bulan Maret 1996.

Sebagai layaknya seorang pimpinan yang baru pada jabatan yang baru, saya perlu mengenal lebih dekat setiap anak buah saya, baik dalam golongan tamtama, bintara, lebih-lebih para perwira menengah yang setiap hari selalu se cara langsung berinteraksi dengan saya sebagai pimpinan.

Di dalam struktur organisasi Asisten Perenca naan Kapolri, pada waktu saya menjabat sebagai asisten perencanaan, saya dibantu oleh seorang wakil asisten perencanaan berpangkat Brigjen pol, dan 6 (enam) Paban yang berpangkat Kolo nel, yang salah satunya adalah Kolonel Polisi Drs. Adang Daradjatun, yang sekarang berpangkat Komisaris Jendral Polisi yang menjabat sebagai Wakapolri. Pada jabatan saya itulah, saya bertemu dan mengenal lebih dekat siapa dan perwira yang bagaimana Pa' Adang Daradjatun, yang pada waktu itu menjabat sebagai Paban III Perencanaan, pada Srena Kapolri.

Dari sikap dan penampilannya pada saat per tama kali bertemu, saya sudah dapat memastikan bahwa Pa' Adang adalah seorang perwira yang senang berolah raga, sangat menghargai waktu, cekatan, menjaga sopan santun dan disiplin. Hal ini dapat dilihat dari perawakannya yang atletis, berpenampilan dan berpakaian yang selalu rapih, murah senyum, teliti, mudah bergaul dalam situ asi dan lingkungan apapun, berjiwa demokratis, menghargai pendapat orang lain.

Selama bersama-sama bertugas dengan saya, hampir tidak pernah perwira yang bernama Pa' Adang Daradjatun terlambat dalam menghadiri rapat-rapat atau kegiatan-kegiatan apapun.

Di dalam hati saya selalu saya mengatakan Pa' Adang ini adalah perwira yang cekatan, karena semua tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dan stafnya dapat diselesaikan dengan sangat baik, sehingga selama saya menjabat sebagai pimpinannya, saya sangat terbantu dan saya merasa sangat puas.

Oleh sebab itu saya menyebut Perwira ini sebagai "Perwira yang simpatik tapi juga disegani dan disenangi".

Walaupun bersama Pa' Adang Daradjatun kami menjalin hubungan dalam kedinasan tidak lama, hanya berkisar selama lebih kurang 2 (dua) tahun, yang dilanjutkan dengan hubungan kekeluargaan sampai sekarang ini, tetapi terus terang dari per tama saya mengenal Pa' Adang, kesan saya sudah sangat mendalam. Dan baru sekarang saya baru bisa tuliskan, bahwa pada waktu itu saya sudah memperkirakan perwira ini (Pa' Adang Daradja tun) akan menjadi salah satu calon pimpinan Polri masa depan.

Sekali Bhayangkara tetap Bhayangkara dan sekali pejuang tetap berjuang. Kesetiaan kita pada Polri walaupun kita telah pensiun tetap tidak akan luntur.

Amin.


AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Jenderal Low Profil

News image

Jakarta - Pak Adang ini adalah jenderal yang low profil. Tidak banyak jenderal yang saya lihat seperti Pak Adang ini yang terlihat kalem dan sangat me...

Selasa, 13 Oktober 2009

Pak Adang Orangnya Lembut Seperti Pak Hidayat

News image

Jakarta - "Aneh, kenapa Anda tidak menjadi Gubernur, ya? Kata Ketua umum MURI Jaya Suprana kepada Adang Daradjatun. Ucapan ini disampaikan sewaktu pen...

Minggu, 21 Juni 2009

Adang Berjiwa Besar

News image

Adang Daradjatun, di mata Bapak Ali, tokoh masyarakat RT. 007/08, Pesing Koneng, sebagai sosok berjiwa besar.Sikap tersebut menurut Ali, ditunjukkan A...

Selasa, 12 Mei 2009

next
prev