12.000 Saksi Siap Kawal Suara SBY-Boediono di Jakarta PDF Cetak E-mail
Kliping Berita
Kamis, 25 Juni 2009 23:07

JAKARTA, — Tim Kampanye Daerah SBY-Boediono untuk wilayah DKI Jakarta menyiapkan 12.501 saksi pada Pemilu Presiden 2009 yang tinggal 14 hari lagi.

Untuk menyamakan persepsi tentang tata cara penghitungan dan pengawalan suara, Tim Kampanye Daerah mengadakan pelatihan training for trainer (TFT) untuk saksi, Kamis (25/6) pagi di Jalan Talang, Menteng.

Sebanyak 200 trainer mengikuti pelatihan dan secara berjenjang akan memberikan bimbingan lagi kepada saksi tingkat TPS yang berjumlah 12.000 lebih di DKI Jakarta.

Ketua Tim Kampanye Daerah SBY-Boediono Tingkat DKI Jakarta Adang Daradjatun menyatakan, kegiatan ini penting dilakukan untuk mengawal suara SBY-Boediono sejak tingkat penghitungan suara di TPS. Rekrutmen sendiri dilakukan dari kalangan partai-partai pendukung. Meski demikian, Adang mengakui, porsi terbesar para saksi adalah mereka yang pernah menjadi saksi bagi Partai Keadilan Sejahtera pada pemilu legilatif, April.

“Kami tentu lebih memilih yang berpengalaman dan juga punya kedisiplinan untuk mengawal suara sejak di TPS,” ujar Adang dalam rilis yang diterima Kompas.com. Menurut Adang, ke-12.000 lebih saksi ini memang telah disaring karena kinerja mereka yang baik sebelumnya.

Hadir dalam TFT ini selain Adang Daradjatun, juga beberapa pimpinan parpol koalisi SBY-Boediono, perwakilan KPUD DKI Jakarta, dan juga Panwaslu. Salah satu pimpinan partai koalisi, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Triwisaksana, mengatakan, target 70 persen kemenangan bukan hal mudah bila tidak disertai ketangguhan para saksi dalam mengawal suara.

“Jangan sampai ada data yang berkurang ketika sudah sampai penghitungan di PPK ke KPU Kota atau KPU Kota ke KPUD. Karena itu, kami berharap pilpres kali ini cukup satu kali putaran,” ujarnya.

Jumlah TPS di DKI Jakarta diperkirakan mencapai 12.501 TPS. Dalam pelatihan ini, peserta akan diberikan pembekalan soal aturan main pemilihan, pencontrengan yang sah dan tidak sah, form-form yang mesti menjadi perhatian para saksi, modus-modus kecurangan, serta penyelesaian masalah di lapangan. PKS sendiri, menurut Triwisaksana, siap bila dipercaya mengawal sebagian besar TPS di Jakarta.

(Kompas.com)


AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Seribu Sepeda Motor Antik Gelar Kontes

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak seribu lebih motor tua keluaran zaman kolonial Belanda gelar kontes di Kota Malang. Mayoritas motor tua yang dihad...

Sabtu, 23 April 2011

KPK, Polri, Kejaksaan Perlu Koordinasi Lebih Baik

News image

TEMPO Interaktif, Jakarta - Rapat kerja komisi hukum dengan Komisi Pembarantasan Korupsi, Kapolri dan Kejaksaan kembali berlanjut Kamis (19/11). Agend...

Rabu, 18 November 2009

Turnamen Golf Sumpah Pemuda, Minggu

News image

Jakarta – Alumni Boedoet Golf (ABG) kembali menggelar turnamen golf berskala nasional untuk menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda ke-81 di Jagorawi Golf Co...

Minggu, 1 November 2009

next
prev