Sumbang Batik Kesayangan Untuk Korban Gempa PDF Cetak E-mail
Kliping Berita
Kamis, 08 Oktober 2009 23:36

VIVAnews - Seluruh rakyat Indonesia diimbau mengenakan baju batik sebagai perayaan atas pengakuan dunia terhadap batik Indonesia. Pada saat yang sama, korban gempa di Sumatera Barat hingga hari kedua terus bertambah.

Atas dua peristiwa ini, Nunun Daradjatun merelakan batik kesayangannya untuk membantu korban gempa di Padang. Melalui acara "Opini" bertajuk Amal Batik Untuk Negeri yang disiarkan secara langsung oleh TVOne, Nunun menceritakan bahwa koleksi batik yang dipersembahkan merupakan koleksi kesayangan.

"Semua batik yang saya sumbangkan untuk korban gempa di Sumatera Barat ini mempunyai sejarah yang cukup panjang bagi saya. Di antaranya adalah batik pemberian uyut saya yang karena usianya hingga kini tinggal sepotong saja," kata Nunun.

Dalam acara itu, melalui telpon interaktif salah satu batik Nunun berwarna merah dihargai Rp 10 juta. Bagi Nunun, sumbangan kepada korban gempa bisa dilakukan melalui banyak cara.

"Kebetulan saya adalah penggemar batik dan melalui acara ini saya mengajak pemirsa untuk turut serta membantu para korban," ungkap Nunun.

Cinta Batik Sejak Lama

Perempuan yang mempunyai nama lengkap Nunun Nurbaety yang juga istri dari anggota DPR Adang Daradjatun ini mempunyai kecintaan terhadap batik sejak lama. "Saya menyukai batik bahkan semenjak saya masih duduk di bangku SMP," ujar Nunun.

Bersama teman-temannya, ia mendirikan organisasi bernama Perhimpunan Kebayaku yang dibangun atas ide membudayakan dan mengembangkan kebaya sebagai pakaian khas nasional dan identitas budaya bangsa. "Batik sebagai salah satu bagian dari kebaya nasional kini bahkan mendapat pengajuan internasional," katanya.

"Saya pribadi merasa bersyukur dan bangga akhirnya batik mendapat pengakuan dari dunia melalui UNESCO. Apresiasi ini patut disyukuri dan wajib dijaga kelestariannya," tutur Nunun.

• VIVAnews / ilham


AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Seribu Sepeda Motor Antik Gelar Kontes

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak seribu lebih motor tua keluaran zaman kolonial Belanda gelar kontes di Kota Malang. Mayoritas motor tua yang dihad...

Sabtu, 23 April 2011

KPK, Polri, Kejaksaan Perlu Koordinasi Lebih Baik

News image

TEMPO Interaktif, Jakarta - Rapat kerja komisi hukum dengan Komisi Pembarantasan Korupsi, Kapolri dan Kejaksaan kembali berlanjut Kamis (19/11). Agend...

Rabu, 18 November 2009

Turnamen Golf Sumpah Pemuda, Minggu

News image

Jakarta – Alumni Boedoet Golf (ABG) kembali menggelar turnamen golf berskala nasional untuk menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda ke-81 di Jagorawi Golf Co...

Minggu, 1 November 2009

next
prev